Apple Resmi Integrasikan ChatGPT ke Siri


Apple

Logo Apple

Perusahaan teknologi Apple secara resmi mengumumkan integrasi chatbot berbasis Artificial Intelligence (AI) dari OpenAI, Chat GPT, dengan asisten virtualnya, Siri. Integrasi ini menggunakan model bahasa besar (large language model/LLM) GPT-4o, yang pertama kali diluncurkan pada Mei 2024. Pengumuman tersebut disampaikan dalam acara Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 yang berlangsung pada hari Senin, 10 Juni 2024, waktu Amerika Serikat.

"Kami sangat senang dapat bermitra dengan Apple untuk memperkenalkan ChatGPT kepada penggunanya dengan cara yang inovatif," ujar CEO OpenAI, Sam Altman, melalui situs resmi OpenAI. Altman menambahkan, "Apple memiliki komitmen yang sejalan dengan visi kami dalam hal keselamatan dan inovasi. Kemitraan ini mendukung misi OpenAI untuk membuat AI canggih dapat diakses oleh semua orang."

Dengan kehadiran Chat GPT, Siri menjadi lebih cerdas. Ketika pengguna meminta rekomendasi menu makanan, misalnya, Siri akan menanyakan apakah mereka ingin menggunakan Chat GPT untuk mendapatkan jawaban.

Apabila pengguna memberikan izin, ChatGPT akan memberikan jawaban melalui jendela pop-up di layar smartphone.

Pengguna juga dapat menyertakan foto bersama pertanyaan mereka kepada ChatGPT, seperti saat mencari saran dekorasi untuk teras rumah. Chat GPT dapat membantu pengguna dalam berbagai cara, termasuk saat mereka ingin menulis cerita atau menghasilkan gambar menggunakan kecerdasan buatan.

Pengguna juga bisa mengajukan pertanyaan yang terkait dengan dokumen yang diunggah. Misalnya, ketika mereka mengunggah laporan atau presentasi, mereka dapat meminta Chat GPT untuk memberikan ringkasan, menjelaskan informasi penting, atau menawarkan masukan untuk perbaikan. Dalam hal ini, Siri akan memastikan bahwa semua file tersebut dapat diakses dengan mudah oleh ChatGPT, memungkinkan pengguna untuk mendapatkan jawaban dan saran yang relevan secara efisien. Dengan fitur ini, kolaborasi dan pengolahan informasi menjadi lebih lancar, sehingga pengguna dapat memaksimalkan potensi dokumen mereka dengan bantuan teknologi inovatif yang dibawa oleh Apple.

Apple mengintegrasikan Chat GPT ke dalam alat penulisan baru, Writing Tools, yang dapat digunakan di seluruh ekosistem perangkat Apple. Dengan Writing Tools, pengguna dapat menulis ulang, mengoreksi, dan meringkas teks dalam berbagai aplikasi, termasuk Mail, Notes, dan Pages.

Integrasi Chat GPT dengan Siri rencananya akan diluncurkan untuk sistem operasi iOS 18, iPad OS 18, dan mac OS Sequoia pada tahun ini. Akses ke ChatGPT tersebut dijamin tersedia secara gratis, tanpa perlu membuat akun Chat GPT atau OpenAI. Pengguna yang berlangganan layanan premium Chat GPT akan mendapatkan akses ke fitur berbayar dalam Siri dan aplikasi Apple lainnya yang terintegrasi dengan chatbot tersebut.

Penting untuk diketahui, layanan berbayar Chat GPT terbagi menjadi beberapa kategori, yakni Chat GPT Plus, Chat GPT Team, dan Chat GPT Enterprise.Chat GPT Plus, sebagai pilihan paling terjangkau, memberikan akses ke model bahasa besar GPT-4o dengan biaya 20 dolar AS per bulan (Rp 325.945). Apple menegaskan bahwa perintah atau teks yang diberikan pengguna di Chat GPT tidak akan disimpan oleh OpenAI, dan alamat IP pengguna akan anonimisasi. Ini sebagaimana diungkapkan oleh KompasTekno yang mengutip dari TechCrunch, pada Selasa (11/6/2024)

Apple Intelligence

Selain mengumumkan kolaborasi dengan OpenAI, Apple juga meluncurkan berbagai fitur berbasis AI baru di bawah nama Apple Intelligence. Dengan adanya inovasi ini, Siri menjadi lebih cerdas dan responsif dibanding sebelumnya.

Apple kini menambahkan dukungan teks untuk Siri, yang memungkinkan pengguna mengetik pertanyaan atau perintah melalui Apple Intelligence. Ini menjadikan Siri tidak hanya bergantung pada input suara saja. Selain integrasi dengan Siri, Apple Intelligence juga akan diterapkan di hampir semua aplikasi Apple. Pengguna dapat memanfaatkan AI generatif untuk menulis pesan di aplikasi Mail, serta menggunakan fitur Smart Replies untuk merespons pesan secara lebih cepat.

Dengan adanya Apple Intelligence, pengguna juga dapat menciptakan emoji baru melalui fitur Genmoji. Selain itu, Apple juga memperkenalkan generator gambar bernama Image Playground, yang memungkinkan pengguna untuk menciptakan gambar baru berdasarkan deskripsi yang diberikan.

Fitur lainnya adalah Image Wand, yang merupakan fitur untuk pena digital (stylus) Apple Pencil. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melingkari teks dan mengubahnya menjadi gambar.

Fitur ini serupa dengan fungsi Circle to Search dari Google, namun khusus ditujukan untuk pengembangan gambar dan bukan untuk pencarian di mesin pencari. Apple Intelligence akan diluncurkan bersama sistem operasi terbaru Apple, termasuk iOS 18, iPadOS 18, mac OS Sequoia, dan vision OS 2. Fitur AI generatif ini akan tersedia secara gratis di berbagai platform tersebut


Bagikan artikel ini

Video Terkait